26 Jan 2012

Askep Campak


Kali ini saya akan membahas Askep (asuhan keperawatan) pada pasien (anak) penderita Campak.

Pengertian:
Campak adalah suatu penyakit akut menular, ditandai oleh tiga stadium : (1) stadium inkubasi sekitar 10-12 hari dengan sedikit jika ada tanda-tanda atau gejala-gejala; (2) stadium prodromal dengan enantem (bercak koplik) pada mukosa bukal dan faring, demam ringan sampai sedang, kongjungtivitis ringan koryza, dan batuk yang semakin berat; dan (3) stadium akhir dengan ruam makuler yang muncul berturut-turut pada leher dan muka, tubuh dan kaki dan disertai oleh demam tinggi

Etiologi:
Campak adalah virus RNA dari genus Morbillivirus. Hanya satu tipe antingen yang diketahui. Selama masa prodromal dan selama waktu singkat sesudah ruam tampak, virus ditemukan dalam sekresi nasafaring darah dan urin. Virus dapat tetap aktif selama sekurang-kurangnya 34 jam dalam suhu kamar.
Virus campak dapat diisolasi dalam biakan embrio manusia atau jaringan ginjal kera rhesus. Perubahan sitopatik, tampak dalam 5-10 hari, terdiri dari sel raksasa multinukleus dengan inklusi intranukleur. Antibodi dalam sirkulasi dapat dideteksi bila ruam muncul.



Penatalaksanaan:
Sedatif, antipiretik untuk demam tinggi, tirah baring dan masukan cairan yang cukup dapat terindikasi. Perlemahan ruangan mungkin perlu pada laryngitis atau batuk yang mengiritasi secara berlebihan dan paling baik mempertahankan ruangan hangat daripada dingin. Penderita harus dilindungi dari terpajan pada cahaya yang kuat selama masa fotofobia. Komplikasi otitis media dan pnemonis memerlukan terapi antimikroba yang tepat.
Pada komplikasi seperti ensedalitis, panensefalitis, aklerotikans subakut, pneumonia sel raksasa, dan kongulasi intravaskuler tersebar, setiap kasus harus dinilai secara individual. Perawatan pendukung yang baik sangat penting. Gamma globulin, gamma globulin hiperimun, dan steroid bernilai terbatas. Senyawa antivirus yang tersedia sekarang tidak efektif. Pengobatan dengan vitamin A oral (400.000 IU) mengurangi morbiditas dan mortalitas anak dengan campak berat di Negara yang sedang berkembang.



Lebih lengkapnya, download >> DISINI

0 comments:

Posting Komentar

newer post older post home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...