31 Jan 2012

Askep Infeksi Virus Sitomegali (CMV)


Kali ini saya akan membahas Askep (asuhan keperawatan) pada pasien (anak) penderita Infeksi Virus Sitomegali (CMV).

Pengertian:
Menurut sumber pada Spirinta.or.id, CMV (Cytomegali Virus) adalah infeksi oportunistik yang menyerang saat system kekebalan tubuh lemah. Virus ini juga termasuk dalam keluarga virus herpes (Roche.com).

Etiologi:
Etiologi berdasarkan jenis CMV dibagi menjadi 3 yaitu:
  1. Kongenital: didapat didalam rahim melalui plasenta. Kira-kira 40% bayi yang lahir dari wanita yang menderita CMV selama kehamilan juga akan terinfeksi CMV. Bentuk paling berat dari infeksi ini adalah penyakit inklusi sito megalik.
  2. Akut-didapat: didapat selama atau setelah kelahiran sampai dewasa. Gejala mirip dengan mononucleosis (malaise, demam, faringitis, splenomegali, ruam petekia, gejala pernapasan). Infeksi bukan tanpa sekuela, terutama pada anak-anak yang masih kecil, dan dapat terjadi akibat tranfusi.
  3. Penyakit sistemik umum: terjadi pada individu yang menderita imunosupresi, terutama jika mereka telah menjalani transpantasi organ. Gejala-gejalanya termasuk pneumonitis, hepatitis, dan leucopenia, yang kadang-kadang fatal. Infeksi sebelumnya tidak menghasilkan kekebalan dan dapat menyebabkan reaktivasi virus


Penatalaksanaan:
Sampai saat ini hanya terdapat penatalaksanaan mengatasi gejala (misalnya: penatalaksanaan demam, tranfusi untuk anemia, dukungan pernapasan). Ada bukti bahwa globulin imun-CMV yang diberikan melalui IV bersama obat gansiklovir dapat mengurangi beratnya infeksi pada individu dengan system imun yang buruk (mekanisme imunologiknya kurang/terganggu). Vaksin CMV hidup sedang diuji coba pada pasien transplantasi ginjal. Kemoterapi  memberi sedikit harapan, tetapi toksisitas dan imunosupresi akibat dari pengobatan ini meningkatkan kekhawatiran jika digunakan pada bayi baru lahir. Dalam penatalaksanaannya tidak diperlukan tindakan kewaspadaan khusus, tetapi perawat harus tetap memakai sarung tangan, melakukan teknik mencuci tangan yang baik dan menggunakan tidakan kewaspadaan umum.


Lebih lengkapnya, download >> DISINI

0 comments:

Posting Komentar

newer post older post home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...